MENU
  1. Beranda
  2. Blog
  3. Tidur Tidak Nyenyak? Hati-hati, Wajib Perhatikan Hal Berikut Ini!

Tidur Tidak Nyenyak? Hati-hati, Wajib Perhatikan Hal Berikut Ini!

  • 15 Dec 2021
  • Tidur Tidak Nyenyak? Hati-hati, Wajib Perhatikan Hal Berikut Ini!

Masalah susah tidur atau yang biasa disebut insomnia bukan sekedar gangguan tidur belaka. Tidak hanya insomnia, sering terbangun saat sedang tidur juga merupakan masalah tidur yang banyak dialami oleh orang.

Jika Anda mengabaikannya, hal ini bukan hanya menjadi gangguan tidur saja tapi juga akan mengganggu berbagai aktivitas Anda lainnya. Puncaknya akan menjadi penyakit yang tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda jika dibiarkan begitu saja.

Banyak hal yang menyebabkan Anda susah tidur atau bahkan sering terbangun saat sudah tertidur. Beberapa penyebab tersebut bisa datang dari dalam diri Anda maupun lingkungan tempat tidur Anda.

Agar kualitas tidur Anda baik,sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini.

Pola Makan

Waktu makan dan jenis makanan yang masuk ke dalam perut Anda, tidak hanya berpengaruh terhadap pencernaan atau metabolisme tubuh. Makanan yang dikonsumsi juga memiliki pengaruh terhadap kualitas tidur Anda.

Dikutip dari klikdokter, Studi dalam jurnal medis “The International Journal of Psychology” menyebutkan, makanan yang kaya cabai dan lada efeknya buruk untuk perut dan akan membuat Anda terjaga pada malam hari.

Terlebih jika Anda memiliki keluhan maag, makanan pedas maupun makanan yang memiliki kandungan asam yang tinggi akan membuat asam lambung naik dan hal ini tentu saja dapat mengganggu waktu tidur Anda.

Selain itu hindari juga mengkonsumsi makanan khususnya makanan berat menjelang waktu tidur. Karena organ pencernaan dipaksa untuk mencerna makanan tersebut padahal waktu nya untuk beristirahat.

Kurang Olahraga

Siapa disini yang malas berolahraga? Jika Anda termasuk, rajin berolahraga lah mulai dari sekarang.

Olahraga bukan hanya untuk memperkuat tubuh atau pun otot tapi juga memberikan kualitas tidur yang baik. Dikutip dari Health.kompas, menurut psikolog pengobatan tidur dari Cleveland Clinic, Michelle Drerup, olahraga memiliki manfaat yang efektif seperti obat tidur.

Overthinking

Banyak orang yang mengalami overthinking, hanya saja terkadang mereka tidak menyadarinya. Overthinking merupakan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Biasanya overthinking disebabkan karena rasa khawatir yang berlebih.

Menjelang tidur, biasanya orang memikirkan banyak hal entah itu mengkhawatirkan masa depan esok atau hal lainnya yang menyebabkan mereka overthinking.

Jelas sekali hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Biasanya orang yang overthinking mengalami gangguan susah tidur karena otak mereka mengalami stres dan tidak bisa beristirahat.

Suhu Ruang

Faktor dari lingkungan yang bisa menjadi pemicu susah tidur atau tidur tidak nyenyak tidak hanya suara berisik tapi suhu ruang kamar Anda juga sangat berpengaruh.

Suhu ruangan yang panas membuat tubuh mudah berkeringat dan tidak nyaman sehingga mengakibatkan susah tidur dan mudah terbangun ketika tidur.

Suhu yang sejuk sangat dianjurkan untuk kualitas tidur yang lebih baik. Karena suhu yang sejuk cenderung mendekati suhu tubuh manusia. Karena suhu tubuh kita turun saat dalam keadaan tidur.

Anda bisa nyalakan AC / Kipas angin agar suhu udara di kamar Anda sejuk dan dingin. Biar lebih hemat Anda bisa menggunakan kipas angin sebagai alternatif terbaik.